Tuesday, September 11, 2018

Latar Belakang



Perkembangan zaman dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat pesat tidak dapat dihindari oleh manusia di zaman sekarang ini. Namun pada beberapa kasus kemajuan teknologi dalam perkembangan zaman seperti ini tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkompeten dibidangnya. Yang menyebabkan kemampuan manusia sulit berkembang untuk mengikuti arus zaman tersebut salah satunya adalah faktor perekonomiannya rendah.

Sehubungan dengan hal tersebut kami selaku masyarakat yang masih memiliki kepedulian terhadap persoalan-persoalan sosial mencoba menggali segala bentuk potensi yang dipandang dapat meningkatkan tarap hidup untuk menuju kemakmuran dan kesejahtertaan masyarakat sekitar khususnya di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi (Pajampangan).

Berdasarkan hasil riset dan identifikasi yang dilakukan kami dapat menyimpulkan bahwa potensi sumber daya alam termasuk di dalmnya destinasi wisata merupakan salah satu potensi yang sangat memungkinkan dilirik masyarakat luas di luar Kabupaten Sukabumi. 

Menyambungkan konsep Pemerintah Pusat dan Daerah dalam penataan tempat wisata untuk menarik wisatawan datang ke daerah, maka kami bermaksud ikut berpartispasi dalam pembangunan sumber daya manusia dan peningkatan sumber perekonomian masyarakat agar kedatangan wisatawan ke daerah berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi masyarakat di daerah. Selain itu, keseimbangan antara ekonomi dan ekologi pun bisa terjalin erat, supaya pembangunan berkelanjutan menjadi bisa dirasakan oleh semua pihak.

Selain itu, sebutan nama daerah “Pajampangan” yang tertuju pada wilayah selatan Kabupaten Sukabumi dikenal memiliki adat, budaya, dan karakter tersendiri. Namun sangat disayangkan, daerah yang memiliki wilayah sangat luas dengan potensi sumber daya alam melimpah, tapi tidak dimanfaatkan secara maksimal. serta keanekaragaman budaya dan wisata, tetapi tidak terexpose kepada masyarakat luas. Padahal dengan berbagai potensi tersebut sangat memungkinkan untuk mendatangkan wisatawan domestik dan wisatawan asing untuk berkunjung ke daerah. 

Atas dasar tersebut, sebagai sumbangsih dan partisipasi kami terhadap pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, maka kami mencoba mengadakan sebuah pagelaran “Pesta Rakyat Pajampangan” yang berjudul “Rampak Pajampangan dengan tema “kadarat jadi salogak kacai jadi saleuwi, sacangkreud pageuh sagolek pangkek”. Harapaannya kegiatan tersebut bisa memberikan sajian menarik kepada pengunjung, dan bisa juga dijadikan sebagai sarana stimulus untuk mendatangkan wisatawan baru ke daerah.
Share:

Fanspage